Friday, August 30, 2013

Dahlan Iskan Akan Bangun Landasan di Atas Laut

Kansai Osaka Airport. Bandara atas laut termodern di dunia.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengungkapkan saat ini kapasitas landasan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten sudah tidak mampu lagi melayani tambahan pesawat yang akan mendarat. Akibatnya ada sekitar 170 pesawat dari luar negeri terpaksa ditolak mendarat di Soetta selama tahun ini.

Alasannya karena di Soetta, dalam 1 jam ada sekitar 60 pesawat yang mendarat pada saat periode 3-4 bulan lalu.

"Saat ini dalam satu jam ada 69 pesawat yang mendarat di dua landasan pesawat di Soetta, dan sudah tidak ada slot tambahan lagi," ungkap Dahlan.


Dahlan meminta kepada Adhi Karya untuk segera melakukan studi pembangunan landasan pesawat baru atau landasan ke-3 di Bandara Soetta yang jarakya 8 Km dari Soetta dan terletak di atas laut atau pinggir pantai utara Jakarta.

"Karena hampir tidak mungkin saat ini membebaskan lahan seluas 800 hektare di dekat Bandara Soekarno-Hatta, itu mustahil," ucap Dahlan saat meninjau Proyek Perluasan Badara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Minggu (25/8/2013).

Dahlan meminta Adhi Karya segera menyelesaikan studi proyek landasan pesawat di atas laut minimal dalam dua minggu.

Nantinya para penumpang yang mendarat ke landasan tersebut akan diantar ke terminal bandara menggunakan monorel.

"Nantinya penumpang yang mendarat di landasan tersebut akan diantar ke terminal bandara menggunakan monorel, ya tidak lamakan, jadi nantinya hanya bangun landasan saja, tidak perlu bangun terminal lagi, kalaupun ada paling yang sederhana saja," ucapnya.

"Nantinya juga monorelnya akan terintegrasi bisa ke langsung ke Ancol maupun Tanjung Priok," kata Dahlan.

"Tambahan landasan baru juga akan dilakukan di Bandara Surabaya, juga di Bandara Kuala Namu Medan, karena lama-lama kapasitas landasanya juga tidak akan mampu menampung, jadi harus ditambah," kata Dahlan.

No comments:

Post a Comment