Monday, August 19, 2013

Teken kerjasama, Dirgantara Indonesia Kembangkan Pesawat Regiopro


PTDI terus mengambil langkah strategis setelah keuangan perusahaan semakin membaik. Mei lalu PTDI melakukan kerjasama dengan PT Regio Aviasi Indonesia yang diinisiasi oleh putra BJ Habibie, Ilham A Habibie untuk melanjutkan konsep N250 yang sempat terhenti. R80 adalah versi baru N250.

PTDI dan Dahlan Iskan berusaha melanjutkan mimpi Habibie, seperti yang dipesankan khusus Habibie saat bertemu Dahlan akhir 2012.


“Seandainya waktu itu semua pemikiran pak Habibie itu terwujud, maka kita tidak akan lagi melihat pesawat regional kita yang semuanya buatan luar negeri,” kata Dahlan.

Sambil terus mencari peluang, Dahlan mengawasi ketat capacity management PTDI. "Habis rawat jalan, jangan disuruh berlari" istilah Dahlan. Dirut yang mau mundur, ditahan dan dilarang mundur. Strategi diubah menjadi market driven, memenuhi kebutuhan pasar. PTDI pun untuk pertama kalinya sepanjang sejarah memperoleh keuntungan di tahun 2012.

PT Dirgantara Indonesia (Persero) meneken kerjasama dengan PT Regio Aviasi Indonesia untuk mengembangkan pesawat terbang turbotrop modern berkapasitas 70-90 orang penumpang bernama Regioprop, di kantor PT Dirgantara Indonesia di Bandung, Jumat, 3 Mei 2013.

Direktur Utama PT Regio Aviasi Indonesia Agung Nugroho mengatakan, kerjasama tersebut bertujuan untuk mengembalikan kejayaan PT DI sebagai pembuat pesawat terbang dari ujung sampai ujung mulai dari desain hingga pemasaran. Selain itu untuk memberdayakan industri pesawat terbang asli produk Indonesia. “PT Regio Aviasi Indonesia disini posisinya sebagai sponsor dan marketing sementara PT DI sebagai strategi partner dan main contractor,” katanya pada Tempo, Jumat, 3 Mei 2013.

PT Dirgantara Indonesia berfungsi sebagai strategi partner dan main contractor untuk menangani program sejak awal, perancangan, sertifikasi sampai dengan pembuatan pesawat serta serial dan melakukan pemasaran bersama. Sementara PT Regio Aviasi Indonesia sebagai sponsor, marketing dan pengembangan program.

Program pengembangan akan dilakukan terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama adalah pleminary design dan feasibility study, yang akan berlangsung selama kurang lebih satu tahun untuk definisiawal pesawat dan menyerap keinginan atau persyaratan customer. Tahap kedua, full scale development atau pengembangan skala penuh, terdiri dari detail design, prototype manufacturing dan sertifikasi. Tahap tersebut berlangsung sekitar empat tahun terhitung mulai 2014-2017 untuk mendapatkan sertifikasi nasional Kementrian Perhubungan. “Semoga di tahun 2018 sertifikasi turun dan bisa berlanjut ke tahap tiga yaitu serial production, penjualan dan layanan purna jual,” katanya.

Program yang ditargetkan rampung dalam lima tahun itu akan memanfaatkan pengalaman rancang bangun anak bangsa dalam mengembangkan pesawat terbang sejak 1979 – 1982 (CN35) dan 1989 – 1996 (N250), yang disesuaikan dengan tantangan kebutuhan pesawat di masa depan, akan transportasi dengan efisiensi dan keekonomian yang lebih baik, kenyamanan penumpang dan keandalan yang lebih tinggi serta ramah lingkungan.

Selain itu, program tersebut juga dimanfaatkan untuk mengisi kebutuhan pasar di sektor pesawat regional (regional aircraft) pada kurun waktu 2018-2037 dan untuk mengambalikan kemampuan rancang bangun pesawat terbang di Indonesia. “Indonesia punya potensi untuk mengembangkan industri pesawat di Negara sendiri. Baiknya ya bangsa ini membuat pesawat untuk bangsanya sendiri untuk kebangkitan dirgantara nasional,” ujarnya.

Oleh karena itu, program tersebut juga merupakan satu wadah untuk meneruskan cita-cita yang telah dirintis oleh PT DI dalam mengembangkan pesawat terbang secara bertahap, baik dari segi kapasitas, daya jangkau dan kandungan teknologi. Seperti program-program PTDI seperti NC212, CN235, N250, dan N2130 yang telah dikembangkan sebelumnya. (TEMPO.CO)

1 comment:

  1. Bersyukur banget PT DI yg terpuruk belasan tahun bisa bangkit kembali dan mencetak untung di tahun 2012. Padahal sebelumnya sudah ada pergantian menteri BUMN berkali-kali tidak berhasil menyelamatkan PT DI. Maju terus Pak Dahlan, kami membutuhkan pemimpin spt Anda!!

    ReplyDelete